Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

4 Manfaat Belajar Musik si Buah Hati

alat musikMusik adalah bahasa universal. Bahasa yang mudah dipahami dan dinikmati oleh semua umur. Mulai anak-anak hingga manula, pasti menyukainya. Sayangnya, tidak semua penyuka musik dapat bermain alat-alat musik. Padahal, dengan bisa bermain alat musik, akan banyak manfaat positif yang tercipta, khususnya dalam tumbuh kembang anak. Berikut manfaat bermain musik pada anak!

Tingkatkan Daya Ingat dan kemampuan Otak

Banyak peneliti yang telah membuktikan hal ini, salah satunya ahli musik anak-anak, Meredith LeVande dari MonkeyMonkeyMusic.com.  Menurutnya, musik menstimulasi bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan membaca, matematika, dan perkembangan emosi. Tak hanya itu, Meredith juga melihat bahwa anak-anak yang belajar bermain musik memiliki pencapaian akademik yang tinggi.

Sedangkan Maestro Eduardo Marturet, composer dan direktur musik Miami Symphony Orchestra, mengutarakan, bagi anak yang mengikuti kursus musik bisa meningkatkan ingatan dan kemampuan belajar anak karena perkembangan otaknya terangsang pola-pola yang berbeda.

IMG_3450Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Mudah Bersosialisasi

Mengenai hal ini, Elizabeth Dotson-Wetstphalen, seorang guru music, menjelaskan, dengan belajar bermain musik , mereka bisa mengembangkan kemampuan dirinya sendiri, dan mereka merasa semakin membaik. Sedangkan Marturet, pengelola program MISO Young Artist, Florida Selatan, “Secara sosial, anak-anak yang terlibat dalam grup musik belajar kemampuan penting dalam kehidupan seperti bagaimana berempati dengan orang lain, bagaimana bekerja sama dalam tim, dan menghargai orang lain.”

Meningkatkan kesabaran dan Menciptakan Kreativitas

Menunggu giliran dan mencari saat yang pas untuk masuk ke sebuah lagu yang dimainkan  adalah salah satu tekhnik untuk meningkatkan kesabaran para pemainnya. Setelah itu, mereka akan berekspresi dengan kreativitasnya masing-masing.

Mengajarkan Disiplin dan Rajin Belajar

Agar tercipta musik yang enak didengar, para pemainnya harus berdisiplin. Jika tidak, masing-masing suara alat musik akan ‘lari’ dari ritme atau tempo yang telah ditentukan  Dari sini, mereka akan terus belajar hingga mahir satu sama lain. Proses inilah yang mengajarkan mereka untuk berdisiplin dan terus belajar, tentunya. (*)

Great way of helping the students and their critical link future