Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

7 Lokasi Surfing Terbaik di Indonesia

Surfing merupakan salah satu olahraga air yang cukup digemari di Indonesia. Olahraga ini biasa mengandalkan tenaga arus ombak dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan. Di Indonesia Surfing pertama kali di perkenalkan di kota Bali, jadi tak heran jika kebanyakan atlet surfing berasal dari bali. Saat ini surfing sudah menyebar di Indonesia, di tandai dengan bermunculnya club-club surfing di berbagai daerah. Lokasinya pun tidak hanya mengeksplorasi pantai-pantai wilayah Bali saja. Kurang lebih sekitar ratusan pantai di Indonesia yang ombaknya telah di tunggangi para surfer. Berikut adalah beberapa lokasi surfing terbaik di Indonesia  yang menjadi tujuan baik surfer (peselancar) Indonesia , maupun mancanegara.

         Uluwatu, Bali

gambar 1Salah satu pulau favorit para turis internasional adalah Bali. Keindahan budaya dan alamnya memang sudah diakui oleh dunia, tak terkecuali pantainya. Letaknya yang di kelilingi tebing tinggi memiliki ketinggian ombak mencapai 5 sampai 8 meter. Hal ini tentunya cukup menantang bagi para surfer profesional untuk ditaklukan.

    Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat


gambar 2Pulau yang letaknya dikelilingi oleh Samudera Hindia ini sudah dikenal sebagai salah satu tempat surfing terbaik di dunia. Dengan tinggi ombak sekitar 3  meter, para surfer bisa menikmati ombak yang menantang. Ada sekitar 400 titik surfing di Kepulauan Mentawai yang mempunyai tingkat kesulitan bervariasi. Lokasi-lokasi surfing itu antara lain terletak di Pulau Koroniki, Teluk Sibigeu, dan Teluk Sinakak. 

     G-land, Jawa Timur


gambar 3G-Land lebih dikenal dengan sebutan Pantai Plengkung yang terletak di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk mencapai tempat ini bisa melalui jalan darat lewat Banyuwangi atau melalui laut dari Bali menggunakan boat. Menurut para surfer, ombaknya sangat bagus dengan ketinggian mencapai 6-8 meter dan panjang 2 kilometer. 

     Nihiwatu, Sumba Barat

gambar 4Pantai Nihiwatu, yang dikenal sebagai Left God Waves, adalah satu dari sepuluh pantai terbaik di Asia. Selain pemandangannya yang indah, ombak di pantai ini cukup menantang. Anda perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu jika Anda ingin berkunjung ke Nihiwatu, karena resort ini membatasi hanya 10 pengunjung yang boleh berselancar dalam sehari. Hal ini untuk menjaga privasi dan keamanan pengunjung hotel. 

         Pantai Tanjung Setia

gambar 5Terletak di sepanjang pantai barat Lampung yang terpencil dan di luar hutan lebat Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, terdapat sebuah surga memesona yang tersembunyi di sisi laut. Tempat indah ini disebut Pantai Tanjung Setia. Meskipun tidak begitu dikenal tetapi ombak di Pantai Tanjung Setia disebut-sebut sebagai salah satu ombak terbaik di dunia oleh peselancar dari seluruh dunia.

  Pantai Watu Karung

gambar 6Pantai Watu Karung adalah nirwana. Di balik keindahannya, Pantai Watu Karung ternyata memiliki ombak yang luar biasa. Dengan tipe reef break dan dasar laut berupa batu karang, pada saat-saat tertentu Pantai Watu Karung bisa menghasilkan barrel yang akan membuat surfer serasa berada di surga. Baik surfer dengan goofy style maupun natural bisa berselancar di sini karena Pantai Watu Karung memiliki ombak kanan dan kiri. Tempat ini juga belum terlalu ramai, sehingga surfer bisa mengejar ombak dengan leluasa. Angin offshore biasanya datang pada bulan April – Oktober, menjadikan bulan-bulan ini adalah saat-saat terbaik untuk bercengkerama dengan barrel Watu Karung.

Pantai Ombak Tujuh

gambar 7Bagi Anda yang gemar bersurfing bisa menjajal keganasan Ombak Tujuh yang lumayan bisa membuat adrenalin menjadi meninggi. Biasanya para peselancar dari mancanegara sangat menyukai keadaan ombak yang tinggi, memanjang dan pecah ditepi pantai. Segala kriteria tersebut bisa dijumpai di Ombak Tujuh. Nama Ombak Tujuh sendiri konon berasal dari ombak dipantai ini yang katanya selalu berjumlah tujuh saling berurutan satu dengan yang lainnya. Selain bisa menikmati orang bermain surfing, atau Anda sendiri menjajal surfing untuk merasakan sensasi ombak yang bergulung dan berjumlah tujuh, disini juga bisa dilakukan kegiatan lainnya seperti memancing, berfoto, maupun sekadar bersantai.(mei linda angraini/istimewa)

 

In this case, your homework help within https://homeworkhelper.net answer will be given clearly, the most completely and most importantly coherent