Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

Anak Mengeluh Sakit Perut

Dear Dokter,
Saya memiliki anak laki-laki berusia 5 tahun yang sangat aktif sekali. Sudah dua hari ini anak saya nafsu makannya menurun, dan mengeluhkan perutnya sakit. Saya dan suami sudah membawanya ke dokter anak, tapi kami tidak mendapat jawaban yang memuaskan dari dokter tersebut. Beliau hanya mengatakan kalau anak saya terkena virus, tapi tidak dijelaskan virus apa yang menyerang. Karena penasaran, saya mencari tahu jenis virus apa yang dapat menyerang perut. Dari sana saya mengenal istilah flu perut. Apakah ada kemungkinan anak saya terserang flu perut?Sebenarnya apa yang dimaksud dengan flu perut? Dan apakah penyakit ini berbahaya? Semoga dokter dapat menjelaskan dengan rinci.

Sheilla, Bintaro

 

 

dr Attila DewantiSalam kenal ibu Sheilla,

Flu perut memang menyerang saluran pencernaan anak-anak, tetapi berbeda dengan diare.Namun diare dapat menjadi salah satu gejala flu perut.Flu perut biasanya disebabkan oleh virus seperti norovirus dan rotavirus. Virus-virus tersebut dapat masuk kedalam tubuh melalui permukaan yang tersentuh makanan atau minuman anak Ibu. Juga ketika anak berbagi dan menggunakan peralatan makan yang sama dengan orang yang sudah terkena flu perut.

Gejala yang timbul dapat dilihat dari gangguan saluran pencernaan yang dirasakan anak, yaitu keram abdomen, sakitperut, sakit pada otot dan sakit kepala. Gejala lainnya adalah terjadi demam ringan yang disertai anak sulit makan, hingga berat badan anak turun.Selain itu juga biasanya terjadi diare air (watery) dan muntah-muntah.

Bahaya atau tidaknya flu perut tergantung dari virus penyebab dan gejala yang timbul. Jika sampai  menimbulkan kekurangan cairan pada anak maka tentu saja akan berbahaya. Maka, sebaiknya Ibu segera kenali gejala yang timbul sehingga dapat langsung memberi penanganan yaitu memastikan anak mendapat supan yang cukup, jangan sampai anak kekurangan cairan. Jika suhu tubuh anak mencapai angka 38,5 derajat Celcius, disertai terjadi diare dan muntah-muntah, serta jade dehidrasi dana anak menangis tanpa mengeluarkan air matama kasebaiknya segera bawaan  kedokter.