Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

Bertravelling Sembari Mencicipi Jajanan Khas

churros1Selain menikmati keindahan dan keunikan perjalanan ke luar negeri, ada baiknya Anda mencicipi aneka jajanan kuliner negara tersebut. Tiap negara tentunya memiliki kuliner khas berbeda terlebih lagi jajanan yang banyak di pinggir jalan. Tidak perlu beranjak ke restoran mahal, cukup mendatangi pusat keramaian jajanan kuliner di negara tersebut.  

Korea, Odeng dan Hoddeok

Odeng adalah jajanan khas Korea yang terkenal enak dan murah. Dapat ditemui ditoko makanan, supermaket, kedai pinggir jalan, restoran hingga hotel berbintang. Odeng adalah ikan yang direbus dan cara memakannya menggunakan kaldu kuah panas. Odeng cocok dimakan pada musim dingin tiba karena bisa menghangatkan tubuh. Biasanya disajikan dengan sebuah tusuk sate. Selain menggunakan kaldu, Odeng bisa dimakan dengan saus, khususnya saus kedelai.Jika Anda ke Korea, paling tidak akan menemui 3 jenis Odeng.Yang pertama menggunakan kaldu berasal dari racikan lobak, daun bawang dicampur kepiting dan rumput laut. Yang kedua disajikan dengan saus mustard dan saus tomat. Jenis ketiga disebut Odeng Tang atau Eomuk Guk, disajikan dalam mangkuk kaldu dengan cabai dan bawang serta kedelai. Kota yang terkenal dengan Odeng adalah Busan. Restoran di Busan yang menjual Odeng adalah Busan’s Renowned Hoe House dan Miso Odeng. Jika ingin mendapatkan pilihan Odeng berbeda, datanglah ke Restoran Home Sweet Home di Seoul. Di jalanan kota Seoul saat malam, kita bisa melihat warung-warung Odeng ramai didatangi pembeli dari berbagai kalangan. Satu tusuknya seharga 500 Won.

Sedangkan Hoddeok adalah jajanan kaki lima khas Korea dan biasanya menjadi cemilan wajib saat musim dingin tiba. Bagi mereka yang biasa nonton K-drama pasti kenal dengan jajanan satu ini. Dalam penyajiannya, Hoddeok ada dua, dipanggang layaknya sandwich atau digoreng dan dipipihkan di atas hot plate. Hoddeok terbuat dari perpaduan tepung terigu dan jagung sehingga membuat teksturnya menjadi lembut berisikan selai gula merah yang lezat.

Jepang, Dango dan Dorayaki

Odango atau dikenal dengan Dango adalah cemilan Jepang. Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras dan air. Tepung beras dicampur air dan dibentuk seperti bola-bola. Lalu adonan dikukus atau direbus hingga matang. Setelah matang barulah adonan bola-bola tersebut ditusuk memakai tusukan sate dari bambu yang disebut Kushi Dango. Tiap tusuk berisi 3-4 buah. Sebelum disantap, Dango dibakar di atas bara api seperti sate hingga permukaannya berwarna kecoklatan. Dango memiliki banyak jenis dan isi yang berbeda-beda. Misalkan saja Botchan Dango, Dango ini memiliki 3 warna merah, putih, dan hijau. Ketiganya terbuat dari kacang merah, telur, dan teh hijau. Sedangkan Hanami Dango yang juga terdiri dari 3 warna sering disajikan saat hanami atau saat perayaan bunga sakura di musim semi. Mitarashi Dango dan Anko merupakan jenis Dango yang diberi topping.

Dango disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Rasanya kenyal dengan beragam isi dan topping membuat semakin enak. Kue ini banyak ditemukan di kios atau pinggir jalan dengan harga murah. Sangat populer dan sering muncul baik di dorama Jepang maupun anime Jepang.

Siapa yang tidak tahu Dorayaki? Makanan kesukaannya Doraemon ini termasuk golongan kue tradisional Jepang. Bentuknya bundar sedikit tembem, terdiri dari dua lembar yang direkatkan dengan selai kacang merah. Teksturnya lembut mirip kue Jepang Castella dimana adonannya mengandung madu.

dangoSpanyol, Churros

Churros disebut sebagai donat a la Spanyol, merupakan makanan ringan/snack sejenis pastry yang digoreng, terbuat dari adonan dasar choux. Choux merupakan adonan pastry ringan yang digunakan membuat kue sus a la Indonesia. Churros terkenal di Spanyol, Perancis, Filipina, Portugis, Amerika Latin dan U.S. Ada dua macam tipe Churros di Spanyol, jenis yang pertama umumnya tipis (terkadang dengan bentuk simpul) sedangkan yang lain berbentuk panjang, dan tebal. Churros disantap saat sarapan pagi dengan dicelupkan pada minuman coklat panas yang kental.

Churros digoreng dengan minyak yang banyak hingga menjadi garing dan renyah, kadang-kadang dengan taburan gula bubuk pada permukaannya. Hal lain yang khas dari makanan ini adalah permukaannya yang bergerigi/berlekuk hasil dari adonan yang disemprotkan melalui alat bernama churrera, spuit kue yang memiliki ujung berbentuk bintang. Churros dijual di pinggir jalan dalam kondisi masih panas. Di Spanyol dan Amerika Latin, Churros selalu tersedia saat sarapan pagi di cafe-cafe, walaupun makanan ringan ini juga disantap di sepanjang hari. Karena disantap dengan lelehan coklat maka adonan Churros biasanya tidak mengandung gula.

Brazil, Acareje

Acaraje merupakan makanan favorit di Brazil, dulunya makanan ini dibawa para budak dari Afrika yang bekerja di Brazil. Kini makanan ini sudah menjadi makanan yang paling mudah dtemui di Brazil. Acaraje adalah kacang hitam goreng tumbuk yang diisi dengan udang. Selain kacang tanah, kacang polong dan kacang kedelai juga sering digunakan sebagai bahan dasarnya.

Maroko, Sfenj

Sfenj merupakan jajanan yang ada di Maroko berbentuk seperti donat. Biasanya Sfenj dimakan orang Maroko sebagai sarapan pagi atau teman minum teh dan dimakan selagi hangat. Sfenj disebut sebagai donat Maroko, terbuat dari tepung dan ragi tanpa pemanis. Sfenj lebih lengket, bisa disajikan polos atau dengan taburan gula. Pedagang kaki lima di Maroko biasanya menyajikan dengan menggunakan tusuk sate atau diikat dengan tali.

Meksiko, Elote

Jajanan ini sangat populer di Meksiko. Elote adalah sebuah jagung bakar dan rebus. Untuk jagung bakar, uniknya sebelum dibakar, jagung ini direbus dahulu baru diberi beberapa bumbu. Yang populer dari Elote adalah penyajiannya dengan mencopot jagung kemudian dimasukan ke dalam mangkuk lalu diberi bumbu seperti mayones, keju, mentega dan lain-lain. Penyajian dengan cara ini lebih menarik dan memudahkan para pembeli menikmatinya dengan sendok. (*)

 

 

 

Artwork, lyrics, options, https://topspying.com/ and sorting are all still here, just rearranged