Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160
bimbingan-orang-tua-era-digital

Bimbingan Orang Tua di Era Digital

Tak dapat dipungkiri, pertumbuhan teknologi yang kian pesat dewasa ini, setidaknya banyak membawa dampak positif ataupun negatif bagi pendidikan anak-anak. Oleh karena itu, diperlukan bimbingan orangtua agar pendidikan anak di era digital ini berkembang seperti yang diharapkan.

Hidup di era digital seperti saat ini, dimana, kehadiran beragam perangkat teknologi, mulai smartphone, tablet, games dan lainnya bisa didapatkan dengan mudah dan terjangkau, maka, dalam pemanfaatannya memang harus benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua  dan manula diharuskan selektif dalam menerapkan atau menggunakan sesuatu untuk dirinya.

Begitu juga dengan cara yang dipilih atau dilakukan oleh para orangtua untuk mengembangkan pendidikan buah hatinya.Bagi sang anak, mendapatkan pendidikan yang terbaik adalah menjadi hak mereka. Jika hal itu telah didapatkan, maka mereka tinggal menjalankannya dengan sebaik mungkin dan sungguh-sungguh dalam hal menimba ilmu. Sayangnya, tidak semua anak berpikiran seperti itu. Mereka masih asik dalam dunianya sendiri, yaitu bermain dan bermain, meskipun saat mereka masih berada di lingkup dan jam sekolah.

Meskipun telah memasuki era digital seperti saat ini, yang namanya peraturan di instansi pendidikan formal atau sekolah baik negeri ataupun swasta tetap sama, mengharuskan siswa-siswinya mengikuti peraturan yang diterapkan agar mereka menjadi manusia yang disiplin.

Jika di sekolah ada para guru yang memberikan mereka pengawasan dan bimbingan, maka, untuk di rumah harus para orang tua yang meneruskannya. Hal ini dilakukan agar si anak tidak berbuat semaunya, menurut cara mereka sendiri yang terkadang mereka anggap benar. Oleh karena itu, diperlukan beragam metode tertentu dari orangtua si anak agar si anak tidak keluar jalur.

Pertama, orangtua harus menentukan tujuan pendidikan si anak. Untuk mengetahuinya, tak ada salahnya untuk menanyakan cita-citanya sedini mungkin. Setelah tahu, lihat perkembangan bakat dan minatnya dalam bidang tersebut. Dukunglah dengan menghadirkan beragam kebutuhannya. Jika si anak membutuhkan perangkat teknologi untuk kemajuan pengetahuan dan pendidikannya, tak ada salahnya untuk membelikannya. Agar tidak salah fungsi, temani dan awasi penggunaannya.

Untuk menambah keahlian si anak, silahkan ikutkan dirinya dalam sebuah program atau kursus tertentu. Lalu, pantau perkembanganya.Dari sini, barulah si orangtua mulai bisa merencanakan pendidikan untuk masa depannya. (photo: paudmutiaraungu.wordpress.com)

It is taking things that were good about google reader and then adding another visit this site right here layer to hopefully make it better