Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

BSD Society: Komunitas Warga Aktif Berbagi Cinta

529104_129302973924918_199995528_nMemberikan hal positif pada masyarakat tentu dapat dilakukan  dalam berbagai cara. Mulai dari upaya individu perseorangan hingga yang sifatnya lebih masih melibatkan banyak orang. Jamaknya, model yang terakhir tersebut banyak dilakukan dengan membentuk perkumpulan atau komunitas yang biasanya memiliki latar belakang seragam.

Dikawasan Serpong dan sekitaranya nama BSD Society Grup adalah salah satu perwujudannya. Karena tidak hanya sebagai sarana bertegur sapa dan bersosialisasi antara warga BSD dan sekitarnya, komunitas tersebut juga memilki kepedulian terhadap sesama dengan beragam agenda sosial dan budaya yang positif untuk lingkungan sekitar. Maka tak heran  komunitas ini memilki motto ‘Berbagi Cinta’.

Berawal dari tingginya tingkat kesibukan warga di sekitar perumahan Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, mereka coba untuk memebentuk sebuah wadah sosialisasi antar warga  tentunya dengan tujuan  positif. Dikarenakan sibuknya para warga BSD, sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya membuat pertemuan tatap muka menjadi hal yag nyaris mustahil diantara mereka. Guna menyiasati hal tersebut akhirnya dibuatlah sebuah mailistyang dimaksudkanuntukdijadikan ajang silaturahmi antar warga Serpong dan sekitarnya.

“Jadi bermula dari mailist di bsd-society@yahoogroups.com, akhirnya anggotanya kemudian mengadakan kopi darat. Waktu itu yang mendominasi sosialisasi kami adalah kuliner. Jadi kalau pada kumpul  semua ngomongin tentang kuliner di sekitar Serpong,” ujar Adji Ekawarman Hassan, selaku Presiden bsd-society. Seiring perjalanan, para anggota mailistyang terbentuk pada 7 Januari 2003 tersebut mulai berpikir untuk melakukan kegiatan yang  dapat berguna bagi orang banyak.

“Kalau hanya membahas tentang kuliner saja, kesannya kegiatan kita hanya senang-senang saja. Kita lalu berpikir untuk membuat kegiatan yang lebih bersifat sosial,” lanjut Adji. Dari sana kemudian para angota BSD Society mencoba berkegiatan dengan menghimpun dana untuk mereka dermakan khusus untuk membantu anak-anak bergizi buruk, melalui lembaga terkait.Kala itu kegiatan menghimpun dana yang dilakukan oleh komunitas yang telah berusia lebih dari sepuluh tahun tersebut adalah dengan mengumpulkan barang-barang bekas yang kemudian mereka jual dan salurkan.

“Waktu itu para anggota komunitas terjun langsung menjadi pemulung barang-barang seperti kardus bekas, botol plastik dan berbagai barang daur ulang yang laku dijual. Tidak hanya itu apabila para anggota komunitas memiliki barang bekas yang sudah tidak dipakai lagi juga kita kumpulkan untuk menghimpun dana,” ujar bapak dua orang anak tersebut mengisahkan.Adapun untuk penyaluran dana kepada anak-anak bergizi buruk bsd-society telah bekerja sama dengan kader-kader kesehatan yang ada di Posyandu.

Selama kurun waktu yang tidak pula sebentar, yakni sepuluh tahun, komunitas warga BSD tersebut telah mengalami banyak perkembangan signifikan khususnya pada jumlah penggiat komunitas tersebut.Jika pada awalnya anggota komunitas hanya terbatas pada warga yang berada dalam kawasan BSD Serpong saja, kini anggota komunitas ini telah ada hingga di daerah-daerah diluar Serpong.

“Para anggota awalnya dari BSD saja, kemudian beberapa warga perumahan sekitar seperti Villa Melati Mas dan Alam Sutera ikut bergabung. Bahkan sekarang sudah ada yang dari Tangerang Kota, Karawaci sampai ke Depok,” ungkap suami Maria Elena. Oleh sebab itulah cakupan BSD Society dapat dibilang tak hanya kawasan Tangerang saja, namun Tangerang + (plus), karena membuka partisipasi  masyarakat yang berada di luar. “Jika dijumlahkan, kira-kira anggota kita  berjumlah sekitar 3200-an,” tambah Adji.

IMG_2783Hingga kini kegiatan yang diadakan oleh komunitas BSD-society telah semakin berkembang dengan rutin mengadakan gelaran musik jazz, ‘Sunday Jazz’ yang dilangsungkan setiap minggunya di kawasan The Breeze BSD. Kemudian pada tiap akhir bulannya gelaran  Sunday Jazz akan digelar dengan konsep yang lebih besar dengan tajuk Sunday Jazz Fiesta, yang tentunya menampilkan para musisi jazz spesial. Adapun kegiatan sosial tak luput dari gelaran yang diadakan komunitas ini, dengan menggelar pula kegiatan donor darah.

Kedepannya mewakili komunitas BSD-society, Adji mengungkap memang belum ada rencana khusus terkait perkembangan komunitas tersebut. Akan tetapi ia berprinsip bahwa  BSD-society akan terus mencoba berkembang secara alamiah, seperti air yang mengalir. Adji menambahkan saat ini komunitasnya tengah merintis sebuah media kawasan yang diberi judul “Tangerang+”.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi bagian komunitas  ini, Anda dapat segera berkunjung dan mendaftar di mailist milik mereka yakni bsd-society@yahoogroup.co. Adji mengkui tidak ada syarat khusus untuk dapat menjadi bagian dari keluarga besar BSD-society. “Mungkin syaratnya cuma harus aktif ber-e-mail di milis dan mau memikirkan perkembangan Serpong  Tangerang dan sekitarnya,” pungkas pria asal Balikpapan kelahiran Surabaya tersebut . Menarik bukan? Bersosialisasi sekaligusdapat berkontribusi positif  terhadap sesama, sungguh komunitas yang mulia.(teks: bayu kusuma yuda/ foto: istimewa)

Showing is always better than telling for best website to buy essay making yourself memorable to readers