Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

Macam Penyakit Mata yang Kerap Mengganggu

Mata 3Sebagai indera penglihatan, mata mempunyai fungsi vitak sebagai alat bantu penglihatan. Oleh sebab itu, kesehatan mata merupakan sesuatu yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Jika tidak dijaga, mata akan terganggu fungsinya dan bahkan dapat menimbulkan kebutaan.

Mata merupakan kendela dunia. Melalui mata, kita dapat menikmati aneka ragam keindahan yang ada di dunia ini. Oleh karena itu mata merupakan panca indera yang mempunyai fungsi vital bagi manusia, dimana sangat membantu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Bisa dibayangkan betapa pentingnya menjaga kesehatan mata. Gangguan pada mata beragam jenisnya, ada yang dapat menular dan tidak. Penyakit mata yang menular biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri, sedangkan jika disebabkan oleh alergi maka tidak dapat menular. Mari kita kenali jenis-jenis penyakit mata yang kerapkali mengganggu aktivitas.

Miopi
Miopi merupakan gangguan mata yang banyak terjadi pada remaja, orang dewasa, bahkan anak-anak. Gangguan kesehatan mata jenis ini akan mengganggu penglihatan seseorang sehingga tidak dapat melihat benda jarak jauh. Hal itu disebabkan oleh kerusakan refraktif mata di mana citra yang dihasilkan berada di depan retina ketika akomodasi dalam keadaan santaiUntuk penderita miopi, penglihatannya dapat ditolong dengan menggunakan lensa cekung (negatif).

Hipermetropia
Hipermetropia adalah kebalikan dari miopi, dimana penderitanya hanya mampu melihat dengan jelas benda yang jaraknya jauh sedangkan benda yang jaraknya dekat tampak tidak jelas. Hipermetropi atau rabun dekat ini terjadi karena adanya kelainan refraksi mata dimana bayangan dari sinar yang masuk ke mata jatuh di belakang retina. Gangguan penglihatan ini dapat dibantu dengan menggunakan kacamata berlensa cembung.

Presbiopi
Presbiopi umumnya terjadi pada orang berusia lanjut atau lansia. Gangguan penglihatan yang juga disebut mata tua ini terjadi akibat daya akomodasi lensa mata tidak bekerja dengan baik sehingga lensa mata tidak dapat menfokuskan cahaya ke titik kuning dengan tepat. Hal ini menyebabkan mata tidak bisa melihat jarak jauh maupun dekat. Meskipun begitu, penderita presbiopi dapat dibantu dengan menggunakan lensa rangkap yaitu lensa negative di bagian atas, dan lensa positif di bagian bawah.

Mata 1Rabun Senja
Rabun senja, atau nyctalopia adalah gangguan yang mengakibatkan penderita sulit melihat dalam keadaan kurang cahaya seperti di malam hari. Umumnya rabun senja terjadi akibat kekurangan vitamin A. Namun ada juga yang disebabkan oleh luka, katarak, glaucoma, diabetes, atau rabun jauh.

Konjungtivitis
Konjungtivitis merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh iritasi atau peradangan akibat infeksi di bagian selaput yang melapisi mata. Peradangan ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Bayi yang baru lahir dapat tertular melalui proses persalinan yakni melalui jalan lahir. Biasanya penyebab konjungtivitis adalah virus, bakteri, atau faktor alergi. Sebagai pencegahan penularan penyakit ini, sebaiknya pastikan bahwa tangan daam keadaan bersih setiap kali menyentuh mata.

Ulkus Kornea
Ulkus kornea adalah hilangnya sebagian permukaan kornea akibat kematian jaringan kornea. Awalnya ulkus kornea dapat terjadi karena kelilipan atau tertusuk benda asing sehingga menyebabkan infeksi pada kornea bagian luar, biasanya terjadi akibat jamur, virus, protozoa, atau jenis-jenis bakteri seperti stafilokokus, pseudomonas atau pneumokokus. Dalam jangka panjang, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi infeksi di kornea bagian dalam, perforasi kornea, kelainan letak iris, atau kerusakan mata lainnya.

Dakriosistitis
Dakriosistitis atau infeksi kantung mata adalah suatu infeksi pada sakus lakrimalis atau saluran air mata yang berada di dekat hidung. Infeksi ini menyebabkan nyeri, kemerahan, dan pembengkakan pada kelopak mata bawah, serta terjadinya pengeluaran air mata berlebihan (epifora). Radang ini sering disebabkan obstruksi nasolakirmalis oleh bakteri S. aureus, S. pneumoniae, Pseudomonas.

Teks: Yuniska Mega Putri
Foto: Istimewa

With exposure to our ten million visitors over the course of 30 days, it’s a brilliant way to reach exactly the type of audience you’re https://trymobilespy.com/how-to-check-text-messages-from-another-phone looking for