Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

Menikmati Sarana Transportasi di Kawasan Serpong dan Bintaro

Streetscape-BintaroKemudahan akses serta sarana transportasi yang komplit tentunya menjadi salah satu pertimbangan penting guna menentukan strategis atau tidaknya suatu lokasi. Tak jarang developer rela merogoh kocek dalam-dalam guna membuka akses jalur transportasi seperti pintu tol khusus menuju sebuah perumahan tertentu hanya demi meningkatkan nilai jual propertinya. Begitu pula yang dilakukan oleh kawasan Serpong Bintaro yang posisinya cukup bergengsi. Dari tahun ke tahun kawasan ini terus membenahi akses transportasi serta menambah moda transportasi umum yang bisa dinikmati semua warganya.

Transportasi merupakan sarana penunjang mobilitas, dimana fungsinya sangat penting bagi semua orang, terlebih di kota-kota besar. Tanpa adanya alat transportasi yang mendukung, semua aktivitas dapat terhambat, dan dampak yang lebih global lagi adalah terganggunya proses pertumbuhan dan pergerakan ekonomi di tempat tersebut. Seperti Bintaro dan Serpong, untuk meningkatkan ekonominya seperti sekarang ini membutuhkan transportasi guna memudahkan mobilitas ke pusat kota Jakarta.

Kegiatan transportasi, atau kegiatan membawa/mengangkut ini membutuhkan beberapa unsur pokok seperti orang yang membutuhkan, barang yang dibutuhkan, kendaraan, jalan, dan pengelola angkutan. Oleh sebab itu, demi kelancaran kegiatan transportasi maka kelima unsur ini sangat penting. Siapa sih yang tidak butuh transportasi? Jika dijabarkan, orang yang membutuhkan alat transportasi adalah masyarakat, dan dan barang yang dibutuhkan pasti terdapat di luar area rumahnya. Sedangkan untuk mencapai tempat dimana barang itu dibutuhkan, maka yang diperlukan adalah kendaraan dan jalan untuk mengaksesnya.Seperti yang diketahui, kebanyakan warga Serpong dan Bintaro memiliki mobilitas yang besar menuju Jakarta karena pada umumnya berkantor di sekitaran Jakarta. Jika kita menilik transportasi yang diperlukan untuk menunjang aktivitas bekerja, maka dapat kita lihat beberapa yang bisa diakses, seperti Commuter Line, Shuttle Bus, atau angkutan umum lainnya.

Banyaknya pilihan sarana transportasi publik tak membuat masyarakat beralih dari mobil pribadi menjadi menggunakan transportasi umum. Padahal banyak banyak nilai positif yang dapat dipetik jika Anda menggunakan angkutan umum dibandingkan kendaraan pribadi, seperti lebih ekonomis, lebih sehat, dan Anda dapat bersosialisasi dengan sesama pengguna angkutan umum. Memang, di Indonesia sendiri masih banyak kekurangan dari sarana transportasinya, meskipun begitu, dibandingkan menggunakan mobil pribadi, Anda akan lebih aman menaiki transportasi umum, karena hanya tinggal duduk manis dan bayar sesuai tarif.

Commuter Line
Warga Serpong dan Bintaro dapat memilih angkutan umum yang satu ini sebagai sarana transportasi menuju kantor taua tempat lain di Jakarta. PT KAI Commuter Jabodetabek menyediakan rute yang dapat ditempuh dari Serpong menuju Tanah Abang dengan melewati beberapa stasiun seperti Rawa Buntu, Ciater, Sudimara, Jurangmangu, Pondok Ranji, Pondok Betung, Kebayoran, Palmerah, baru kemudian stasiun Tanah Abang. Penyediaan commuter line ini terbilang positif karena jarak tempuh antara Bintaro-Jakarta menjadi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan mobil pribadi, sehingga dapat menghemat waktu hingga 1 jam. Tarif yang diberlakukan untuk menaiki Commuter Line berkisar antara Rp 2.000 hingga Rp 7.000 per orang, tergantung jarak yang ditempuh pengguna. Namun sayangnya, kini diberlakukan tarif yang berbeda untuk pengguna single trip harian, yang disebut tiket harian berjamin. Penumpang akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000. Berbeda dengan pengguna multitrip, yang akan memiliki kartu dengan saldo untuk digunakan selama beberapa kali perjalanan.

Trans BSDShuttle Bus
Shuttle bus, atau suatu fasilitas transportasi yang disediakan untuk memudahkan dan mempercepat akses dari dua tepat dapat menjadi sebuah pilihan yang menarik bagi pengguna angkutan umum. Di Serpong maupun Bintaro, moda transportasi ini cukup diminati. Dari Bintaro, meeting point Trans Bintaro adalah di Bintaro Trade Center, kemudian akan mengantarkan penumpangnya ke beberapa titik di Jakarta seperti Pondok Indah Mall, Ratu Plaza, dan Plaza Senayan. Sedangkan dari Serpong, penumpang dapat menemukan Trans BSD dari Graha Raya dengan jalur menuju Sudirman, melalui tol Kebon Jeruk. Trans BSD memiliki tiga rute, yaitu Dengan 3 rute BSD-Pd. Indah-Ratu Plaza, BSD-Kota-Mangga Dua dan BSD-Harmoni-Ps. Baru.

Angkutan Umum Lainnya
selain Commuter Line dan Shuttle Bus, warga di Bintaro dan Serpong dapat memilih transportasi alternative seperti angkot, bis, atau metromini serta kopaja. Hanya dengan merogoh kocek antara Rp 3.000 hingga Rp 5.000 saja, penumpang akan diantar ke tujuan masing-masing tergantung trayek yang dilewatinya. Berikut ini daftar trayek angkutan umum di Bintaro dan Serpong:
B04 = Cikokol – Serpong
B07 = Serpong – Kalideres
D09 = Bintaro – Pondok Jagung
R03 = Cikokol – Serpong
R03A = Poris plawad/Pasar Anyar – Serpong
R06 = Binong – Poas Karawaci
R19 = Perum 2 – Lippo – Kelapa dua – Gading Serpong
D.07 = Ciputat – Serpong
D.08 = Ciputat – Terminal BSD Sektor 1
D.09 = Ciputat – Gintung – Bintaro Plaza – Arinda
D.12A = Ciputat – Serua – BSD
D.16 = BSD – Muncul
D.16A = Prumpung – Pasar Serpong
D.22 = Ciledug – Bintaro – Mandar Utama
D.26 = Ruko Pamulang – Bintaro Plaza
D.27 = Kompleks Duta Bintaro – Alam Sutera
C11 = Ciledug – BSD
KSS = Pasar Serpong – Gunung Sindur

(Yuniska Mega Putri, Foto: Istimewa)

Private student loans if you aren’t able to meet your cost of attendance even after federal financial aid, you may be considering using a https://essaysheaven.com/ private student loan