Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

Pilah Pilih Sekolah yang Tepat Untuk Anak

memilih-sekolah-yang-tepat-bagi-anakAwal mula pembentukan karakter anak, selain dimulai dari keluarga juga dari sekolah. Akan jadi seperti apa anak kita nanti ? Sebagai orang tua, Anda juga ikut bertanggung jawab dalam masa depan anak. Untuk itu pilih pendidikan yang tepat agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang sukses. Serta memiliki masa depan yang gemilang. Berikut adalah tips memilih sekolah yang tepat untuk anak Anda :

 

 

  1. Cari Informasi yang Akurat Tentang Sekolah yang Ingin di Tuju

Jika ingin mencari informasi tentang sekolah, ada baiknya Anda bertanya kepada alumni atau orang tua alumni tentang sekolah tersebut. Karena akan lebih meyakinkan kita tentang informasi yang didapat. Karena biasanya mereka akan memberikan informasi yang sebenar-benarnya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Sehingga kita bisa menilai sekolah tersebut secara objektif.

 

  1. Pilihlah Sekolah yang Memiliki Kepercayaan

Sekolah Agama/Kepercayaan yang berbasis agama berazaskan pada kepercayaan yang dianut keluarga, seperti sekolah katolik atau islam bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang memiliki Iman kuat.

 

  1. Pilihlah Sekolah yang Berkualitas, Berprestasi, dan Berfasilitas

Fasilitas yang dimiliki oleh sekolah, kualitas para pengajarnya, serta prestasi apa saja yang telah diraih juga perlu diperhatikan. Apakah sekolah tersebut mampu menciptakan lulusan yang berkualitas dalam hal ilmu pengetahuan dan kepribadian? Jika sekolah tersebut memiliki ketiga unsur tersebut, maka kemungkinan besar telah banyak melahirkan lulusan yang berkualitas.

 

  1. Pilihlah Sekolah yang Sesuai Dengan Kemampuan Anda dalam Hal Pembiayaan

Anda harus cermat memilih sekolah yang mematok biaya cukup terjangkau namun tetap berkualitas. Karena tak dapat dipungkiri, saat ini banyak sekolah yang mematok biaya mahal untuk SPP dan buku paket demi keuntungan sekolah semata.

 

  1. Pilihlah Sekolah yang Jarak Tempuhnya Tidak Terlalu Jauh dari Rumah

Untuk menekan biaya sekolah yang semakin mahal, Anda bisa memilih sekolah yang letaknya tidak jauh dari rumah. Selain lebih hemat biaya, anak juga tidak akan merasa letih dalam perjalanan menuju sekolah. Sehingga dia tetap segar saat sampai di sekolah.

 

  1. Pilihlah Sekolah yang Memiliki Reputasi Baik

Reputasi sekolah adalah faktor utama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sekolah yang ideal untuk anak-anak Anda. Cari tahu bagaimana pandangan masyarakat tentang sekolah tersebut. Selain itu, cari tahu apakah sekolah tersebut pernah melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku? Dengan demikian Anda akan mengetahui bagaimana reputasi sekolah tersebut, serta Anda dapat menentukan pilihan dengan mudah.

 

 

 

  1. Pilihlah Sekolah yang Memiliki Visi & Misi Pendidikan

Sekolah yang bijak akan memiliki arah yang jelas bagaimana mereka akan mendidik dan mempersiapkan anak untuk menerima materi yang disampaikan. Sekolah yang tidak memiliki visi dan misi yang jelas sangat membahayakan bagi anak kita karena anak tidak dipersiapkan untuk menghadapi lingkungan secara kognitif, sosial, dan mental sehingga anak biasanya cenderung sulit menemukan identitas diri..

 

  1. Pilihlah Sekolah dengan Kurikulum & Metode Pengajaran Terstruktur

Setiap sekolah pastinya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Terutama dalam hal kurikulum dan metode pengajarannya. Ada sekolah dengan kurikulum nasional Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional), ada pula yang menggabungkannya dengan nilai keagamaan. Ada sekolah yang siswanya duduk dalam kelas, ada pula yang memiliki kegiatan di alam bebas. Bila visi & misi merupakan konsep, maka kurikulum & metode merupakan penjabaran. Cari sekolah yang dapat menghubungkan kedua hal ini secara jelas dan tentunya si anak juga harus terlibat aktif dalam kegiatan formal, dan informal sekolah.

 

  1. Pilihlah Sekolah yang Memiliki Beragam Ekstra kurikuler

Untuk menunjang perkembangan anak, harus ada tempat yang mewadahi minat dan hobi dari anak tersebut. Maka pilihlah sekolah yang memiliki berbagai macam ekstra kurikuler, mulai dari olah raga, seni, hingga kegiatan rohani.

 

  1. Perhatikan Lingkungan Sekitar Sekolah

Tidak dapat dipungkiri, lingkungan sekitar sangat berpengaruh pada perkembangan anak Anda. Karena dalam masa pertumbuhan, seorang anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Maka tidak heran jika dia ingin mencoba dan mencari tahu tentang hal-hal baru yang baru saja dia lihat, dengar atau temui. Jadi pilihlah sekolah yang jauh dari tempat tongkrongan anak-anak yang suka melakukan hal-hal aneh, tidak wajar, bahkan tidak manusiawi seperti merokok, mabuk-mabukan, dan tawuran.

 

Dengan demikian, Anda bisa memilih sekolah yang memang tepat untuk anak Anda dan untuk Anda juga tentunya. Semoga anak Anda merasa senang dan nyaman dengan pilihan Anda, serta dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya.(yo)

Be straightforward in how they enriched http://paperovernight.com you insight is what’s important, not something seemingly different that no one has ever felt or experienced before