Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

PT. Barron International, “About Safety Training”

Online renangSetiap bidang pekerjaan, baik yang di darat, laut maupun udara, semuanya memiliki resiko. Namun, besar-kecilnya resiko yang terjadi, pastinya bisa diatasi atau diminimalisir jika para pekerjanya memiliki pemahaman atau pengetahuan dasar tentang teknik-teknik menyelamatkan dan mempertahankan diri dari amuk bahaya yang terjadi di lapangan. Atas dasar itulah, Barron International hadir dan menjadi salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Safety Training, khususnya di bidang oil and gas sejak 17 Maret 2004, silam.

Ditemui di Training Center-nya yang berlokasi di Kampung Karet, Desa Tajur Halang, Bogor, Franklin Ngir Pun, selaku Owner Barron International banyak bercerita seputar perjalanan bisnis perusahaannya.

Pria yang sukanya ceplas-ceplos dalam berbicara namun ramah dan murah senyum ini mengawalinya dengan penjelasan mengapa dirinya memilih safety training di bidang oil and gas yang menjadi lahan bisnisnya ini. “Background saya memang dahulunya pernah bekerja di sebuah perusahaan perminyakan di Eropa. Meskipun saat bekerja di perminyakan bukan di bagian training, tetapi lebih fokus di bidang construction, namun, unsur safety menjadi agenda wajib yang harus ada di setiap bidangnya. Dengan modal inilah, ketika saya pulang ke kampung halaman, saya tertarik untuk mulai mengembangkannya demi memikirkan masa depan hidup,” ucap pria kelahiran 08 Januari 1957 ini.

online FranklinTepatnya, 17 Maret 2004, perusahaan bernama Barron International akhirnya resmi berdiri. Barron yang diambil dari nama Barry dan Aaron yang tidak lain adalah nama anak-anaknya ini fokus melayani berbagai safety training program, khususnya di bidang perminyakan, yang meliputi : T-BOSIET (Tropical-Basic Offshore Safety Induction Emergency Training) : Diperuntukkan bagi mereka yang akan bekerja di lepas pantai. HUET (Helicopter Underwater Escape Training): Untuk melatih melepaskan diri dari keadaan bahaya pada helikopter yang jatuh ke laut. SS/WEST (Sea Survival/ Water Entry Survival Technique): Melatih keselamatan kita di dalam laut setelah melakukan penyelamatan diri dari kilang minyak lepas pantai. HFF (Helideck Fire Fighting): Pelatihan pemadaman api terhadap helicopter yang terbakar.

Ada juga, BFF (Basic Fire Fighting): Pelatihan dasar untuk pemadaman api. AMFF (Advance Marine Fire Fighting): Pelatihan grup pemadam kebakaran. MFF (Maritime Fire Fighting)/ Interior Fire Fighting: Penanggulangan kebakaran pada ruangan tertutup. BLS (Basic Life Support)/BFA (Basic First Aid): Pelatihan pertolongan pertama bagi korban kecelakaan. WHS (Working at Height Safety): Pelatihan bagi yang akan bekerja di tempat yang tinggi. Confined Space Awareness: Pelatihan mengenai bahaya yang terdapat di lingkungan ruang kerja yang tertutup.

Confined Space Entry: Pelatihan memasuki ruangan tertutup secara aman. Confined Space Entry and Rescue: Pelatihan penyelamatan korban dalam ruangan tertutup. BRS (Basic Rigging Slinging): Dasar pelatihan pengangkatan beban. Lifting Equipment Inspection: Pelatihan pengecekan peralatan pengangkat beban. Forklift driving safety and operation: Pelatihan pengendaraan forklift. AWS (Abrasive Wheel Safety): Pelatihan penggunaan alat gerindra. JST (Jungle Survival Technique): Pelatihan keselamatan di hutan. BA/SCBA (Breathing Apparatus): Pelatihan penggunaan breathing apparatus.

Tak hanya itu, PT. Barron International juga memfasilitasi safety training center, seperti: HDA (Heli Deck Assistant), HLO (Helicopter Landing Officer), WFS (Workplace Fire Safety), FW (Fire Warden), Basic Scaffolding/Tube and Coupler, Intermediate Scaffolding /Tube and Coupler, Advance Scaffolding/ Tube and Coupler, Scaffolding Inspection, IRS (Intermediate Rigging Slinging), ARS (Advance Rigging Slinging), Banksman, Mobile/Pedestal crane operation, FRC (Fast Rescue Craft), MSPA (Maritime Security Plan to Action), MSOSS (Maritime Security On Scene Survey), MSSP (Maritime Security The Security Plan), SBS/SFS (Step Back For Safety Series), HSSA/H2S (Hydrogen Sulfide Safety Awareness).

“Semua training program ini kita lengkapi dengan beragam fasilitas dan alat yang mumpuni, mulai kolam renang milik sendiri hingga peralatan seperti helicopter, kita miliki,” tegas pria ini.

online fireSedangkan untuk pemilihan program training, biasanya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan terhadap para karyawannya. Contoh, pemilihan paket T-BOSIET yang di dalamnya terdapat 5 jenis training. Untuk T-BOSIET dilakukan selama 3 hari untuk mendapatkan sertifikat kelulusan. Sertifikat inilah yang nantinya menjadi bekal bagi para pekerja offshore untuk lebih mengerti dan memahami beragam tindakan yang harus dilakukan jika bahaya terjadi di lepas pantai.

“Kami bekerjasama dengan IASST (International Association for Safety and Survival Training), IMCA, MSF (Marine Safety Forum), NFPA International. Sekarang ini, Kita lagi usahakan OPITO yaitu sertifikat internasional khusus perminyakan. Semua sertifikat kelulusan ini berlaku hingga perairan internasional, seperti di Teluk Mexico,” ujar suami Lilia Wahyuni ini.

Lalu bagaimana dengan harga training-nya? Meskipun memiliki beragam kelebihan, PT Barron International tidak memasang tarif berlebih. ” Dengan tidak mengurangi sisi kualitas pengajaran, kita tetap memberikan harga murah per individunya. Kapanpun mereka butuhkan, kami selalu siap melayani. Tak hanya itu, selain fokus di safety training program, Barron International juga siap menjadi consultan berbagai project,” jelas Bapak 3 orang anak ini.

Selanjutnya, bapak dari Aaron Cassidy Leepun, Barry Jasper Leepun dan Caroline Megan Leepun ini berharap, ” Semoga saya bisa memberi sesuatu yang lebih bermanfaat ke semua orang, tidak hanya ke karyawan saja, tetapi seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih mensosialisasikan pentingnya menjaga diri agar tetap selamat dimanapun dia berada.” tutupnya mengakhiri perbincangan. (*)

Here it is ok to add 3-4 sentences according to the teel write an essay structure, which we have mentioned previously