Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

Warga Nusaloka Bumi Serpong Damai Luncurkan Program AIRADITAS di Kawasannya

IMG_1628Bertempat di lapangan serbaguna komplek Nusaloka Blok A RW 04, Bumi Serpong Damai, akhir bulan lalu tepatnya pada tanggal 28 September 2013 melangsungkan acara peluncuran sekaligus sosialisasi program Bank Sampah AIRADITAS yang akan mulai dijalankan bagi warga RW 04 dan sekitarnya.

AIRADITAS merupakan sebuah program Bank Sampah yang namanya dirumuskan dari nama Walikota Tangerang Selatan yakni Airin Rachmi Diany Tangerang Selatan. Menurut masterplan yang ada, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan membangun 11 bank sampah yang tersebar di sebelas kelurahan di tujuh kecamatan. Antara lain di Kelurahan Lengkong Wetan, Rawa Mekar Jaya, Bakti Jaya, Pondok Benda, Benda Baru, Cempaka Putih, Serua, Sawah, Pondok Jagung Timur, Jurang Wangu Barat, dan Pondok Betung.

Turut hadir dalam acara peluncuran program Airiditas yang pertama untuk wilayah kelurahan Rawa Mekar Jaya itu adalah Lurah Mekar Jaya yakni Jamalludin, perwakilan dari Dinas Kebersihan Pertamanan & Pemakaman yakni H. Muhhamad Taher serta Suhalimi Ismedi selaku Direktur Bank Sampah Kota Tangerang Selatan.

Wilayah RW 04 merupakan pionir pendirian bank sampah untuk kawasan kelurahan Mekarjaya yang diharapkan mampu menjadi pilot project yang diikuti jejak positifnya oleh wilayah-wilayah lainnya yang ada dalam kawasan kelurahan Mekarjaya. Dalam kesempatan itu pula, Lurah Mekar Jaya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada warga RW 04 yang telah berupaya hingga terwujud unit bank sampah yang melibatkan partisipasi aktif dari seluruh warga yang ada didalamnya.

IMG_1624Adapun mekanisme pengelolaan sampah melalui bank sampah ini adalah dimana warga diajak untuk berpartisipasi dalam memilah sampah organik dan sampah non organik. Selanjutnya sampah organik yang tergolong sampah kering meliputi plastic, kardus dan sebagainya bisa dikumpulkan untuk kemudian diberikan kepada bank sampah untuk dikelola lebih lanjut. Sebagai imbalannya, warga yang menyetorkan sampah kering tersebut akan mendapat kompensasi bayaran yang langsung dimasukkan dalam saldo tabungan sampah.

Adapun perhitungan harga sampah yang diterima berbeda-beda tergantung jenis dan jumlah besarannya. Agar pengambilan uang hasil tabungan agar terasa manfaat dan besarnya, Suhalimi mengatakan, nasabah bisa mengambilnya tiap tiga bulan sekali. Bank Sampah dipercaya bisa menjadi salah satu faktor untuk mempertahankan dan meraih kembali penghargaan Adipura untuk Kota Tangerang Selatan.

Acara peluncuran program Airaditas ini berlangsung dengan cukup meriah dimana diselingi juga dengan hiburan berupa fragmentasi drama tentang peduli lingkungan dengan buang sampah pada tempatnya serta menyanyikan sebuah lagu yang digubah secara khusus dalam rangka mendukung program ini dengan judul ‘Merawat Alam’. Adapun posko Bank Sampah di wilayah RW 04 ini dipusatkan di Jl. Sulawesi IV Blok A3 no 24 Nusa Loka BSD, atau bagi Anda yang berminat mengetahui lebih lanjut, bisa mengirimkan email ke alamat airaditas.banksampah@gmail.com *** (Teks & Foto: Stanny CR)

The https://cellspyapps.org/teensafe google maps app will also offer the option to create a completely new uber account, should the user not already be in on the uber game