Warning: Creating default object from empty value in /home/kuning/public_html/tabloid/wp-content/themes/canvas/functions/admin-hooks.php on line 160

Wisata Murah Meriah dan Bergengsi di Jakarta

Apakah daya tarik Jakarta dari sisi pariwisata? Selain memiliki daerah-daerah bersejarah seperti Kota Tua Jakarta dan kekayaan wisata sejarah, Jakarta dipandang sebagai destinasi wisata belanja.

Bagi Anda yang menyukai dunia belanja dengan harga yang murah tetapi masih memiliki nilai bergengsi, berikut beberapa tempat di Jakarta bagi para pengemar wisata belanja.

pasar senen1Busana Muslim di Pasar Tanah Abang. Aneka produk garmen dapat Anda beli di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ada beragam pilihan busana Muslim dijual di tempat ini, mulai dari jilbab, atasan lengan panjang, kerudung, sampai gaun cantik untuk Muslimah. Untuk para pria, aneka baju koko dengan tren busana terbaru tersedia di tempat ini. Biasanya para pembeli memborong pakaian dalam jumlah besar mendapatkan harga grosir. Namun Anda bisa membelinya dalam jumlah kecil. Selain busana Muslim, kaus sampai baju batik juga dapat Anda temukan di tempat ini.

Baju Bekas di Pasar Senen. Pasar Senen di Jakarta Pusat, terkenal sebagai tempat berburu baju bekas berkualitas. Baju-baju bekas yang dijual di sini tak sedikit yang merupakan barang impor. Ibarat sedang berburu harta karun, di tengah padatnya pasar, Anda bisa saja menemukan baju-baju bermerek ataupun kualitas impor. Jeli saja saat berbelanja, sebab baju yang terlihat kumel dan dekil bisa jadi malah barang berkualitas yang hanya perlu dicuci saja. Rata-rata baju yang dijual mulai dari Rp 10.000 saja. Namun ada pula kaos yang dijual dengan harga di bawah Rp 10.000. Bahkan untuk syal dan beberapa benda kecil lainnya bisa dihargai Rp 1.000 sampai Rp 5.000. Pintar-pintar Anda menawar.

Batik di Thamrin City. Seiring makin banyaknya orang mengenakan batik, pusat-pusat perbelanjaan batik di Jakarta pun menjamur. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli baju batik adalah Pusat Batik Nusantara di Thamrin City, Jakarta Pusat. Di sini terdapat banyak pedagang yang berjualan aneka busana batik baik untuk perempuan maupun pria. Anda bisa membeli batik tulis maupun batik cetak. Batik-batik tersebut ada yang berasal dari Cirebon, Pekalongan, Yogyakarta, sampai Madura.

Kain di Pasar Mayestik. Ada banyak pusat-pusat tekstil di Jakarta, salah satunya Pasar Mayestik di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Berbagai pilihan kain mulai dari satin sampai katun bisa Anda temukan di sini. Terdapat kain-kain impor maupun lokal dengan variasi harga beragam. Jika beruntung, Anda dapat membeli dengan harga diskon. Selain kain, tempat ini ibarat surga para pecinta kerajinan dan menjahit. Aneka aksesoris dan perlengkapan menjahit bisa Anda temukan, mulai dari kancing, renda, dacron, sampai manik-manik.

taman puringSepatu di Pasar Taman Puring. Taman Puring terkenal sebagai tempat berburu aneka sepatu. Walau harganya tergolong terjangkau, namun kualitasnya tidak diragukan. Pasar ini terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masuk ke area pasar, sepatu-sepatu bergelantungan di kios-kios pedagang. Sepatu olahraga seperti sepatu bola dan sepatu basket dengan mudah dapat Anda temukan di pasar ini.

Aksesoris di Pasar Asemka. Inilah surganya aksesoris dan suvenir. Anda bisa menemukan aneka aksesoris kecil sampai suvenir pernikahan. Sebut saja seperti aksesoris rambut mulai dari jepit rambut sampai ikat rambut. Lalu aksesoris manik-manik dan perlengkapan untuk kerajinan. Sementara suvenir pernikahan sampai suvenir untuk perusahaan pun dapat Anda beli di tempat ini. Pasar Asemka terletak di Pinangsia, Jakarta Barat.

Parfum di Jalan Raya Condet. Anda penggemar parfum-parfum bermerek? Jika berkantung tipis, Anda mampir saja ke Jalan Raya Condet, Jakarta Timur. Di sepanjang jalan tersebut bisa Anda jumpai toko-toko penjual parfum. Harganya pun relatif murah dengan beragam aroma yang mirip dengan parfum bermerek. Anda tak terbiasa menggunakan parfum dan ingin mencoba membelinya, tanyakan saja pada pedagang beberapa contoh parfum yang biasa laku dibeli oleh pengunjung. Siapa tahu ada aroma yang Anda suka.

Mainan di Pasar Gembrong. Anak-anak pasti sangat suka dibawa ke pasar satu ini. Ya, inilah surganya anak-anak. Pasar Gembrong terkenal sebagai tempat berburu mainan. Mainan untuk anak perempuan seperti peralatan masak-masakan sampai boneka. Lalu mainan untuk anak laki-laki seperti mobil dan robot. Ada mainan konvensional sampai elektronik seperti mobil remote control. Di sini juga terdapat mainan untuk bayi maupun mainan untuk anak yang mulai menginjak usia remaja. Ada pula mainan edukasi seperti lilin maupun puzzle. Lokasi pasar ini ada di Jalan Basuki Rahmat, Prumpung, Jakarta Timur.

Barang Antik di Jalan Surabaya. Jalan Surabaya yang terletak di Menteng, Jakarta Pusat, sudah dikenal sejak dahulu sebagai rumah bagi kios-kios barang antik. Kios-kios ini berjejeran dan menampilkan aneka ragam barang antik yang unik maupun sudah langka untuk ditemukan. Tak heran, wisatawan mancanegara termasuk yang sering datang ke kawasan ini untuk berburu barang antik maupun sekadar melihat-lihat. Anda akan sering berjumpa turis asing sedang pelesiran sambil melongok ke kios-kios ini. Di Jalan Surabaya, Anda bisa menemukan jam-jam kuno, patung-patung antik, sampai kamera jadul. Bahkan Anda bisa saja menemukan perangko-perangko tua di salah satu kios.

Tips Belanja Barang Bekas

Banyak barang bekas yang masih layak pakai dijual, apapun jenisnya mulai dari elektronik, pakaian, otomotif dan lain-lain. Buat yang masih bimbang dan ragu beli barang bekas, ada beberapa tipsnya.

Minta diskon

Walaupun harga barang udah murah, tidak ada salahnya minta diskon. Apalagi jika menemukan sedikit cacatnya, hal ini bisa menekan pengeluaran.

Coba dulu

Daripada menyesal dikemudian hari lebih baik coba dulu, terutama barang elektronik. Rugikan kalau sudah bayar dan sampai rumah barangnya tidak bisa digunakan.

Cek kualitas dan harga barang

Biar tidak ketipu sama harga, pastikan mengetahui harga aslinya, browsing dulu juga boleh. Siapa tahu barang tersebut dijual sama kayak harga pertama kali dibeli, kecuali barang itu langka dan punya nilai jual tinggi, kalau untuk kasus ini sepertinya riset dulu harga pasar.

Jangan beli barang yang tidak dibutuhkan

Karena melihat barang itu murah pasti membuat keranjingan untuk membeli. Padahal belum tentu dibutuhkan. Akhirnya barang itu tergeletak di rumah, kemudian uang Anda habis. (teks: Tony Santana Saputra/ foto: Istimewa)

 

 

 

 

Washington and lee takes hofstra dean- nora demleitner, dean of www.essaysheaven.com hoftra university maurice a